HANAIDA IDA
this site the web

ROKOK....APA MANFAATNYA..?

Sebatang Rokok Kurangi Tujuh Menit Kehidupan.

Ngeri tidak baca judul di atas? Kalau tidak percaya lanjut saja bacaannya. Semoga setelah membaca tulisan ini, anda yang tidak bisa hidup tanpa rokok bisa sadar bahwa rokok itu jelek, perusak, dan emang tidak ada baiknya deh...
Fatwa haram merokok dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengundang kontroversi. Bagi perokok, tentu saja fatwa itu jadi semacam kungkungan. Tapi, tentu MUI tak begitu sja mengeluarkan fatwa. Dari ribuan penelitian di seluruh dunia, manfaat rokok hanya 5 sampai 10 persen. Sisanya? Lebih banyak ruginya!
Bagi perokok, tanpa kepulan asap di mulut rasanya sangat hambar. Bahkan di kalangan perokok apalagi perokok berat muncul idiom lebih baik tidak makan daripada tidak merokok. Apa enaknya ya.... Rokok memang mampu menjadi ladang uang bagi negara dari pajak. Bahkan juga memberi nafkah bagi petani tembakau dan buruh pabrik. Tapi lebih dari hasil 70 ribu penelitian di seluruh dunia mengenai dampak rokok dari segi ekonomi dan kesehatan disimpulkan, merokok hanya memberi manfaat 5-10 persen. Termasuk bagi orang yang dinafkahi karena rokok dan industri rokok yang memasukkan pundi-pundi pajak bagi negara.

Selebihnya, ada 90-95 persen rokok merugikan dari segi ekonomi dan kesehatan. Dari faktor ekonomi misalnya tak sedikit rokok yang menimbulkan kebakaran. Dari faktor kesehatan? Pakar kesehatan dunia mewanti-wanti agar menjauhi rokok. Mengapa demikian? Menurut badan kesehatan dunia alias WHO, setiap satu batang rokok mengurangi tujuh menit hidup anda. Setiap delapan detik, seseorang mati karena merokok. Hasil riset juga menunjukkan bahwa orang yang merokok sejak usia belasan tahun dan terus menerus (dua dekade) merokok, usianya 20-25 lebih pendek. Ironisnya, ada 70 persen yang melakukan hal tersebut di dunia.
Kondisi itu tak hanya menyebabkan kanker paru-paru, kanker hati dan jantung tapi juga mengundang segudang masalah kesehatn lainnya. Jadi, fatwa MUI tidak lahir spontan tapi melihat dampak dari merokok. Dampak merokok sebenarnya telah diketahui oleh sebagian perokok. Namun rasa tidak peduli dan terlalu ketagihan dengan rokok membuat kebenaran mengenai dampak kesehatn tersebut tertutup

Rokok mampu merusak sel-sel dan seluruh tubuh mulai dari kepala hingga kaki. Tapi yang membuat jengkel adalah jika perokok diberitahu mengenai dampak merokok, biasanya akan menunjuk orang yang sehat dan berusia tua meski merokok. Padahal itu hanya satu dan sedikit kasus. Dan kebetulan orang itu panjang umur. Lebih banyak yang sakit dan mati karena kanker akibat merokok. Risiko penyakit akibat rokok bergantung dari umur seseorang mlai merokok, lama merokok, jumlah batng rokok per hari, cara mengisap rokok serta kadar tar dan nikotin pada setiap batang rokok.

Makin muda seseorang mulai merokok misalnya usia SMP, maka makin besar pula risiko. Makin banyak seseorang merokok setiap harinya risiko terkena penyakit juga makin besar. Mau tau penyakitnya perokok....? Ini dia...

PENYAKITNYA PEROKOK!!


• Kanker paru, emfisema dan bronkitis kronik

• Kanker lain: kanker nasofarings, mulut, esofagus, pankreas, ginjal, kandung kemih dan rahim

• Aterosklerosis (pembuluh darah menua)

• Penyakit jantung dan serangan jantung

• Stroke

• Menopause dini

• Osteoporosis (kerusakan tulang)

• Infertilitis atau kemandulan

• Masalah kehamilan (abortus/keguguran)

• Prematur, bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir mati, kematian janin.

• Impotensi

• Rambut rontok

• Gastritis (penyakit pada lambung)

• Kanker kolon-rektum (usus besar)

• Penyakit Buerger's (penyakit pada ujung jari)

• Katarak (penyakit pada mata)

• KUlit cepat berkerut/keriput.

• Kurang pendengaran

• Kanker kulit

• Kanker payudara

• Kerusakan gigi

• Psoriasis (kulit bersisik)

• Kanker hidung

• Kanker Lidah

• Kelainan sperma.

Nah...udah pada tau kan penyakitnya si perokok ini. Sekarang mari kita liat ada apa aja dalam sebatang rokok. Asal tau aja ya walaupun rokok hanya berukuran pensil tapi ia ibarat sebuah pabrik berjalan yang menghasilkan bahan kimia berbahaya. Percaya atau tidak, satu batang rokok yang dibakar mengeluarkan sekitar 4 ribu bahan kimia. Mari kita liat, apa saja ya...?


1. KARBON MONOXIDA (CO2) - Sejenis gas yang tidak memiliki bau. Dihasilkan oleh pembakaran yang tidak sempurna dari unsur zat arang atau karbon. Zat ini sangat beracun. Jika zat ini terbawa dalam hemoglobin, akan mengganggu kondisi oksigen dalam darah.

2. NIKOTIN - Cairan bermnyak yang tidak berwarna dan dapat membuat rasa perih yang sangat. Nikotin ini menghalangi kontraksi rasa lapar. Makanya, perokok tidak mudah lapar.

3. TAR - Sejenis cairan kental berwarna coklat tua atau hitam. Tar terdapat dalam rokok yang terdiri dari ratusan bahan kimia yang menyebabkan kanker pada hewan. Bilamana zat tersebut diisap waktu merokok, untuk jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kanker paru-paru.

4. AMMONIA - Gas yang tidak berwarna yang terdiri dari nitrogen dan hidrogen. Begitu kersnya racun yang ada pada ammonia sehingga kalau disuntikkan (masuk) sedikit saja ke dalam peredaran darah akan mengakibatkan seseorang pingsan atau koma.

5. FORMIC ACID - Cairan tidak berwarna yang bergerak bebas dan dapat membuat lepuh. Zat ini dapat menyebabkan seseorang seperti merasa digigit semut.

6. HYDROGEN CYANIDE - Gas ini sangat efisien untuk menghalangi pernapasan. Cyanide adalah salah satu zat yang mengandung racun yang sangat berbahaya. Sedikit saja cyanide dimasukkan langsung ke dalam tubuh dapat mengakibatkan kematian.

7. NITROUS OXIDE - Sejenis gas yang tidak berwarna, dan bila terisap dapat menyebabkan hilangnya pertimbangan dan mengakibatkan rasa sakit.

8. FORMALDEHYDE - Gas ini tergolong sebagai pengawet dan pembasmi hama. Gas ini juga sangat beracun keras terhadap semua organisme-organisme hidup.

9. PHENOL - Zat ini beracun dan membahayakan, karena phenol ini terikat ke protein dan menghalangi aktivitas enzim.

10. HYDROGEN SULFIDE - Zat ini menghalangi oxidasi enxym (zat besi yang berisi pigmen)

11. METHYL CHLORIDE - Campuran dari zat-zat bervalensi satu antara hidrogen dan karbon merupakan unsurnya yang terutama. Zat ini compound organis yang dapat beracun.

12. METHANOL - Sejenis cairan ringan yang gampang menguap dan mudah terbakar. Meminum atau mengisap methanol dapat mengakibatkan kebutaan dan bahkan kematian.
Uda pada tau kan sekarang apa itu rokok? Masih mau berteman sama rokok? Lebih baik sadar karna ternyata rokok itu lebih banyak buruk dari baiknya. Mari kita amalkan hidup yang sehat mumpung masih muda. Jangan menyesal ketika semuanya sudah terlambat. Sayangi diri dan orang yang menyayangi anda.

0 komentar:

Post a Comment

 

W3C Validations

Cum sociis natoque penatibus et magnis dis parturient montes, nascetur ridiculus mus. Morbi dapibus dolor sit amet metus suscipit iaculis. Quisque at nulla eu elit adipiscing tempor.

Usage Policies